Terapi Anak Hiperaktif

Terapi anak hiperaktif pada bagian psikologis dilakukan secara berhati-hati dalam mengatasi masalah hiperaktif pada anak. Terapi ini dilakukan untuk merubah perilaku anak. Mengatasi anak hiperaktif dengan terapi ini juga dilakukan dengan system token atau system hadiah (reward) dengan tujuan meningkatkan kemampuan seorang anak dalam memusatkan perhatian dan juga perilaku bekerja sama atau kooperatif. Terapi anak hiperaktif ini memerlukan waktu yang lama dan membutuhkan suatu perencanaan, kesabaran dan ketelatenan sebelum membuahkan suatu hasil. Bila terapi psikologis ini gagal membuahkan suatu hasil, barulah kita bisa mempertimbangkan penggunaan terapi obat. Terapi obat lebih mudah dijalankan. Anak bisa hanya dengan mengonsumsi atau minum obat setiap hari supaya ia akan menjadi lebih tenang dan juga bisa lebih terkontrol. Walaupun cepat membuahkan suatu hasil, terapi obat juga mempunyai beberapa kelemahan.

Kelemahan terapi obat pada terapi anak hiperaktif adalah karena tidak semua anak dengan masalah hiperaktif ini yang diberi obat akan menjadi lebih tenang. Walaupun ada yang menjadi lebih tenang, namun tetap tidak membantu mereka menjadi bisa lebih bekerja sama atau kooperatif dan juga lebih dapat memusatkan perhatian mereka. Terapi obat untuk mengatasi anak hiperaktif dengan upaya ini tidak meningkatkan prestasi belajar seorang anajk. Ada akibat efek samping yang negative, seperti mengantuk, nafsu makan anak yang menjadi berkurang, sulit tidur atau sleep apnea, nyeri perut, sakit kepala, perasaan tidak nyaman, cemas, stress, tekanan darah tinggi, dan tertundanya pertumbuhan fisik. JIka dikonsumsi secara berkepenjangan maka akan menyebabkan ketergantungan atau ketagihan obat.

Terapi Anak Hiperaktif

Terapi Anak Hiperaktif

Beberapa kelemahan terapi anak hiperaktif dengan menggunakan terapi obat ini, banyak para ahli menyarankan untuk mengutakan terapi psikologis atau terapi alternative-alternative lainnya seperti osteopati, nutrisi, homeopati, akupuntur, atau juga obat-obatan herbal. Terapi obat adalah usaha terakhir apabila usaha  yang sebelumnya dilakukan gagal atau tidak menemui titik terang. Ada beberapa tips yang baik yang bisa dilakukan orangtua yang memiliki anak menderita hiperaktif sebagai cara untuk mengatasi anak hiperaktif diantaranya adalah :

  1. Memahami
    Jika kita sudah mengetahui anak mengalami hiperaktif, terimalah ia ada adanya. Oerlakukan dengan baik, penuh kehangatan dan juga kesabaran. Pahamilah perilakunya agar anak merasakan bahwa orangtua mengerti apa yang diingininya, rasa kecewanya, dan frustasinya sehingga memungkinkan ia tumbuh seperti anak normal.
  2. Tetapkan suatu aturan dan norma yang tegas
    Apabila anak tidak dapat diam atau lebih tenang, ajaklah ia bicara dengan kelembutan. Ingatkan anak dengan aturan dan norma yang ada secara tegas.
  3. Mengenali minat dan bakat anak
    Mengenai bakat atau minat anak maka kita akan lebih member ruang bagi kegiatan yang disenangi anak sekaligus bisa menyalurkan kelebihan energinya.
  4. Mengembangkan komunikasi yang positif
    Ajaklah ia berkomunikasi dengan baik agar dapat bersosialisasi dalam masyarakat serta dalam ajaran agama.

Mengatasi anak hiperaktif biasanya orangtua akan membawa anak mereka kepada psikolog anak untuk membantu anak dalam mengontrol sikap atau hiperaktif mereka. Jika bimbingan ini tidak berhasil, maka bisa dilakukan dengan mengnsumsi obat sesuai dengan resep dokter untuk membantu keadaan hiperaktifnya supaya berkurang. Untuk orangtua sebaiknya mereka mulai untuk meluangkan waktu yang lebih banyak untuk anak mereka agar anak mendapatkan kegiatan fisik dan juga cara yang lebih tenang. Selain itu, hal ini juga bisa membantu untuk melatih konsentrasi mereka, karena biasanya pada anak yang menderita masalah hiperaktif mereka sulit untuk memfokuskan konsentrasi mereka. Caranya adalah memberikan mereka permainan yang menyenangkan dan melatih otak seperti puzzle dan membimbing mereka sampai selesai serta membantu mereka membimbing untuk mewarnai gambar.

Selain itu ada cara yang lain yang bisa membantu mengatasi anak hiperaktif dalam hal memfokuskan perhatian dan konsentrasi mereka dengan memberikan mereka beberapa jenis permainan dan kemudian meminta anak Anda untuk mengingatnya lagi. Mintalah anak untuk menutup mata mereka dan kemudian mengambil satu mainan dan setelah itu mainan tersebut disembunyikan dari anak. Kemudian persilahkan anak untuk membuka mata mereka dan mengatakan mainan apa yang sedang Anda sembunyikan.

Selain itu cara yang baik yang dilakukan untuk membantu mengatasi anak hiperaktif dengan mengatur pola makan mereka. Hindari makanan yang mengandung gula dan juga karbohidrat yang mengandung kadar yang tinggi misalnya seperti nasi putih atau juga jenis makanan yang dalam bentuk olahan tepung agar tidak berlebih. Selain itu, hindari juga penyedap rasa dan juga makanan seperti pemanis dan pewarna buatan. Asupan yang sesuai untuk anak hiperaktif adalah makanan yang mengandung kalsium dan juga makanan yang mengandung magnesium sepertyi sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan. Dan selin itu juga karena gerakan dari anak hiperaktif yang sangat agresif dan sangat aktif, maka metabolisme tubuh harus lebih relatif epat dan ia membutuhkan makanan yang lebih sering dibandingkan oleh anak-anak yang lainnya.

 Terapi Anak Hiperaktif


=====================================

>>> VitaBrain Suplemen Herbal Alami Untuk Membantu Proses Pengobatan dan Pemulihan Otak Anak Hiperaktif, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in mengatasi anak hiperaktif and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *